Share

Sejarah Kartu Joker

Permainan kartu online telah membangkitkan kembali gairah orang bermain kartu. Sekarang, dapatkah kamu ingat bagaimana kartu Joker biasanya tidak dimainkan dalam banyak permainan? Dari sini kamu mungkin bertanya-tanya mengapa ada kartu Joker apabila jarang sekali dimainkan. Untuk menjawab pertanyaan ini, kami akan mengulas sedikit tentang sejarah kartu Joker.

Asal Kartu Joker

Menurut sejarah, sebuah permainan kartu di Jerman yang disebut dengan Euchre adalah alasan mengapa Joker kemudian dikenal dalam permainan kartu. Kata Joker sendiri berasal dari bahasa Jerman, Juker yang juga merupakan ejaan Jerman untuk menyebut Euchre. Masuk akal bukan?
Tahun 1860, kartu Joker pertama kali diperkenalkan dan digunakan dalam beberapa permainan kartu. Kartu Joker juga dianggap sebagai kartu truf dalam beberapa permainan. Pada tahun 1862, seorang wanita bernama Catherine Perry Hargrave membuat buku berjudul, “Sejarah Permainan Kartu”. Dalam buku ini dia mendokumentasikan kartu Joker dan memberinya label sebagai “Kartu Truf” dan juga “Imperial Bower”.

Di tahun 1880, kartu Joker mulai diwakili dengan gambar badut atau juga yang disebut dengan “Pelawak di Pengadilan” yang kemungkinan dikarenakan istilah Joker berhubungan dengan “Si bodoh” dalam permainan kartu tarot. Kedua kartu ini memiliki kesamaan dalam hal bentuk dan penggunaan dalam permainan kartu pada umumnya.

Penggunaan Kartu Joker

Sebagaimana diketahui, standar kartu memiliki dua Joker. Namun bagaimanapun umumnya kartu Joker ini tidak digunakan. Hal ini dikarenakan kartu Joker sering dianggap sebagai kartu pengganti apabila ada kartu yang hilang dari kartu set. Pemain dapat menulis angka dari kartu yang hilang pada kartu Joker kemudian meneruskan permainan.

Namun pada awal permainan seperti Euchre, kartu Joker memegang peranan penting. Faktanya kartu ini merupakan “Kartu Wild” karena memegang peranan terbesar. Sekarang ini kartu Joker dapat merupakan satu kartu yang dapat mengalahkan atau merusak kartu lawan.

Koleksi Kartu Joker Populer

Karena ada banyak variasi sejak pertama kali muncul, kolektor pun mulai mengoleksi berbagai jenis kartu Joker. Mulai dari desain awal kartu, kolektor melihat berbagai arti dapat diwakilkan dari kartu-kartu Joker ini. Berikut adalah beberapa contoh dari kartu Joker.

 

Early American Joker Cards

Early Jokers by the firm Charles Goodall and Son in London

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>